LIGA UTAMA -Asa Yokohama F.Marinos menjadi juara Liga Champions Asia 2023/2024 kandas. Mereka kalah dari klub Uni Emirat Arab, Al Ain di leg kedua partai final.

Unggul 2-1 di leg pertama, Marinos kalah di leg kedua dengan skor besar. Al Ain mampu menang dengan skor 5-1, sehingga agregat menjadi 6-3.

Berkat hasil tersebut, Al-Ain dinyatakan keluar sebagai juara Liga Champions Asia 2023/2024.

Babak Pertama

Sejak babak pertama dimulai, Al-Ain memang langsung tancap gas. Laga baru berjalan delapan menit, Soufiane Rahimi mampu mencetak gol ke gawang Marino. Al Ain unggul 1-0 atas tim tamu.

Di menit ke-30, petaka datang bagi Marinos setelah Rahimi dijatuhkan bek Marinos di kotak terlarang. VAR yang memeriksa insiden itu menyatakan bahwa insiden tersebut adalah penalti. Alejandro Romero yang ditunjuk menjadi algoji sukses mencetak gol sehingga Al Ain unggul 2-0.

Di menit ke-40, Yan Matheus mampu memberikan nyawa kepada Marinos setelah tembakannya berhasil membobol gawang Al Ain. Skor menjadi 2-1, namun agregat sama kuat 3-3.

Petaka datang lagi bagi Marinos di penghujung babak pertama, setelah Wiliam Popp melakukan pelanggaran keras, sehingga mendapatkan kartu merah langsung. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Unggul jumlah pemain tidak disia-siakan oleh Al Ain. Mereka membombardir pertahanan Yokohama F Marinos sejak awal babak kedua.

Di menit ke-67, Al Ain memperlebar keunggulan menjadi 3-1. Soufiane Rahimi berhasil mencetak gol keduanya di laga ini setelah tembakannya gagal dihentikan dengan sempurna oleh kiper Marinos.

Gempuran demi gempuran terus diarahkan ke gawang Marinos. Namun wakil Jepang itu mampu meredam serangan-serangan tim UAE tersebut.

Di masa injury time, gawang Marinos kembali bobol. Memanfaatkan blunder Shirasaka, pemain pengganti Kodjo Fo-Doh Laba berhasil membobol gawang Marinos sehingga Al Ain unggul 4-1.

Empat menit berselang, Kodjo lagi-lagi mencetak gol ke gawang Marinos sehingga skor berubah menjadi 5-1. Skor ini tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan dan Al Ain berhasil keluar sebagai juara.

Bukan yang Pertama

Bukan yang Pertama
Fakta menarik dari keberhasilan Al-Ain menjuarai Liga Champions Asia 2023/2024 ini adalah ini bukan kali pertama mereka menjuarai turnamen elit ini.

Mereka pernah satu kali menjuarai turnamen ini. Yaitu pada edisi tahun 2003 silam.

Di tahun 2005 dan 2016 mereka sempat masuk final, namun sayang mereka kalah.