Panas dengan Timnas Indonesia Malaysia Bakal Naturalisasi Kapten Burnley

LIGAUTAMALANGUE – Malaysia sepertinya tidak ingin tertinggal dengan langkah Timnas Indonesia melakukan naturalisasi pemain. Federasi sepak bola Malaysia (FAM) diklaim menyiapkan dua pemain top untuk dinaturalisasi.

Program naturalisasi terbukti membawa Timnas Indonesia berada di level yang lebih tinggi. Paling baru, Skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2027 dan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tak puas dengan capaian itu, Indonesia akan menambah kekuatan dengan jalur naturalisasi. Dua pemain akan dinaturalisasi yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Melihat manuver Indonesia yang terus menambah pemain naturalisasi, FAM tidak tinggal diam. Dua pemain disiapkan untuk membela Timnas Malaysia yakni Iggy Houben dan Josh Brownhill.

Josh Brownhill, Kapten dan Gelandang Andalan Burnley

Jurnalis asal Malaysia, Zulhelmi Zainal Azam, membuat laporan bahwa FAM tengah mendekati Iggy Houben dan Josh Brownhill. Nantinya, kedua pemain akan tetap bermain di Eropa setelah mendapat pasport dan membela Timnas Malaysia.

Johs Brownhill saat ini tercatat bermain di klub Inggris, Burnley. Dia punya darah Malaysia dari neneknya. Namanya sejak lama disebut sebagai kandidat pemain naturalisasi Malaysia.

Brownhill punya profil sangat menarik. Dia adalah kapten Burnley, yang kini bermain di Championship (kasta kedua). Brownhill adalah pemain inti Burnley. Dia punya pengalaman bermain di Premier League.

Berposisi sebagai gelandang, pemain 28 tahun itu punya nilai pasar €15 juta.

Iggy Houben, Winger Muda Potensial

Selain Josh Brownhill, Zulhelmi juga menyebut Iggy Houben sebagai kandidat pemain naturalisasi Malaysia. Iggy Houben adalah pemain muda PSV Eindhoven yang berposisi sebagai winger.

Iggy Houben belum mampu menembus tim utama PSV. Saat ini, winger kanan berusia 19 tahun itu bermain untuk Jong PSV di Eerste Divisie. Iggy Houben berada di level yang sama dengan Ivar Jenner yang bermain untuk Jong Utrecht.

ggy Houben punya potensi besar. Hal itu terbukti dengan pemanggilannya ke Timnas Belanda pada level usia. Iggy Houben pernah jadi andalan Belanda U-15 hingga U-19.

Panas dengan Timnas Indonesia Malaysia Bakal Naturalisasi Kapten Burnley