LIGA UTAMA –Di final Liga Champions 2021/2022, Thibaut Courtois menjadi salah satu pahlawan kemenangan Real Madrid atas Liverpool. Di final musim ini, giliran Borussia Dortmund yang dibuat frustrasi oleh kiper Los Blancos tersebut.

Madrid menjuarai Liga Champions 2023/2024 usai menaklukkan Dortmund dalam partai final di Wembley, Minggu (2/6/2024). Madrid menaklukkan wakil Jerman tersebut dengan skor 2-0.

Gol pemecah kebuntuan dicetak oleh Dani Carvajal dengan sundulan dari tendangan sudut Kroos pada menit 74. Meneruskan operan Jude Bellingham, Vinicius kemudian menegaskan kemenangan Madrid dengan golnya di menit 83.

Courtois 9 Penyelamatan dan MOTM di Final vs Liverpool

Final Liga Champions 2022 digelar di Stade de France, Saint-Denis, Paris, Prancis. Finalisnya adalah Liverpool dan Real Madrid.

Madrid menang atas Liverpool dengans skor tipis 1-0. Gol tunggal penentu kemenangan Madrid dicetak oleh Vinicius pada menit 59.

Dalam laga itu, Courtois mencatatkan rekor sembilan penyelamatan. Kiper Madrid asal Belgia tersebut mementahkan peluang-peluang Mohamed Salah (6), Thiago Alcantara, Sadio Mane, dan Diogo Jota.

Courtois terpilih sebagai Man of the Match (MOTM).

Madrid meraih gelar Liga Champions mereka yang ke-14. Courtois meraih gelarnya yang pertama.

Courtois Selamatkan Madrid di Final vs Dortmund

Final Liga Champions 2024 digelar di Wembley, London, Inggris. Borussia Dortmund berhadapan dengan Real Madrid.

Madrid, yang belum pernah kalah di final di era Liga Champions, sempat dibuat keteteran pada babak pertama. Madrid beruntung tidak kebobolan sampai jeda.

Madrid kemudian bermain lebih baik di babak kedua dan mencetak dua gol kemenangan.

Andai Dortmund bisa mencetak gol ke gawang Madrid, terutama di babak pertama, hasil akhirnya mungkin bakal berbeda. Namun, itu tidak terjadi karena ada Courtois di bawah mistar.

Ancaman-ancaman Dortmund lewat Karim Adeyemi, Marcel Sabitzer, hingga Niclas Fullkrug semuanya mentah oleh Courtois. Dia menjadi penyelamat Madrid di final ini.

Madrid meraih gelar Liga Champions mereka yang ke-15. Courtois meraih gelarnya yang kedua.

Courtois di 2 Final Liga Champions

Dalam dua laga final Liga Champions bersama Madrid (vs Liverpool 2022, vs Dortmund 2024), Courtois menghadapi 12 shots on target dari lawan. Courtois menetralisir semuanya.

Dengan 12 penyelamatan Courtois, gawang Madrid tak sekali pun kebobolan dalam dua final tersebut. Dua trofi juara (ke-14 dan ke-15) pun sukses direngkuh.

Courtois Musim Ini: 5 Laga, 5 Clean Sheet

Hampir di sepanjang musim ini, Courtois harus menepi akibat cedera. Termasuk final vs Dortmund di Wembley, dia cuma memainkan lima laga.

Empat laga lainnya dia mainkan di La Liga, yakni pada pekan-pekan terakhir. Hebatnya, dalam lima laga itu, Courtois selalu clean sheet.

Courtois clean sheet melawan Cadiz (3-0), Granada (4-0), Alaves (5-0), Real Betis (0-0), dan Dortmund (2-0).

“Saya senang bisa mengakhiri musim seperti ini dengan cara ini, jadi juara di sini. Dengan lima clean sheet dalam lima pertandingan yang saya mainkan sejak musim panas lalu, tak ada yang perlu saya keluhkan,” kata kiper Madrid tersebut usai final di Wembley.