LIGA UTAMA –Berikut prediksi starting XI raksasa Liga Inggris Liverpool pada musim 2024/2025 bersama pelatih barunya yakni Arne Slot.

Liverpool akan mengalami perubahan mulai musim panas ini. Sebab Jurgen Klopp sudah tak lagi melatih The Reds.

Ia digantikan oleh Arne Slot. The Reds memilih eks bos Feyenoord itu setelah sebelumnya dikabarkan gagal memboyong Xabi Alonso dari Bayer Leverkusen.

Perubahan itu kemungkinan akan terlihat dari sisi permainan Slot dan Klopp punya cara bermain yang berbeda. Tapi keduanya sama-sama tetap memakai formasi dasar 4-3-3.

Hadirnya Amunisi Baru

Hadirnya Arne Slot kemungkinan juga akan menghadirkan amunisi baru. Kebetulan Liverpool memang butuh belanja pemain karena ada dua pilar mereka yang cabut yakni Joel Matip dan Thiago Alcantara.

Tapi Slot jelasnya akan mencari pemain yang sesuai dengan taktiknya. Belakangan ini beredar kabar bahwa ada dua nama yang masuk incaran Liverpool.

Yang pertama ada bek serba bisa Feyenoord, Lutsharel Geertruida. Ia biasanya bermain di pos fullback kanan, tapi juga bisa sebagai bek tengah dan bahkan gelandang bertahan.

Kemudian ada nama gelandang milik Atalanta, Teun Koopmeiners. Ia merupakan pemain serba bisa juga. Ia seorang gelandang serang tapi mampu beroperasi sebagai gelandan bertahan atau gelandang tengah.

Berikut prediksi starting XI Liverpool dengan formasi 4-3-3 defensive, bersama dua pemain tersebut jika mereka merapat ke Anfield.

Kiper

Di pos kiper, Liverpool punya amunisi kelas dunia. Ada sosok Alisson Becker yang bercokol di situ.

Alisson masih tetap akan jadi pilihan nomor satu Liverpool di era Arne Slot. Jika ia berhalangan tampil, ada Caoimhin Kelleher.

Ia sudah membuktikan kemampuannya yang brilian ketika Alisson berhalangan bermain. Namun masih perlu ditungg apakah Kelleher bakal cabut atau tidak dari Anfield pada musim panas nanti.

Bek

Di pos bek kanan akan ada Lutsharel Geertruida. Ia akan sangat vital dalam permainan Arne Slot.

Sebab ia bisa masuk ke tengah lapangan sebagai inverted fullback. Ia nanti bisa mendampingi Trent Alexander-Arnold di lini tengah dan membuat Teun Koopmeiners bebas bergerak maju.

Di pos bek kiri, nama Andrew Robertson tampaknya tak akan tergantikan. Ia masih yang terbaik meski Joe Gomez bisa juga dimainkan di posisi itu dan masih ada pula Kostas Tsimikas.

Di pos bek tengah, nama Virgil van Dijk masih menjadi andalan. Ia bakal dipasangkan bersama Ibrahima Konate.

Gelandang

Trent Alexander-Arnold memang seorang fullback. Tapi banyak yang menilai ia bisa menjadi gelandang dan hal itu sudah terbukti ketika ia dipercaya menjadi inverted fullback.

Jadi mungkin Arne Slot musim ini akan sekalian menjadikan Trent sebagai salah satu dari trio gelandangnya. Trent akan menjadi salah satu dari dua pivot.

Ia akan ditemani oleh Teun Koopmeiners. Lalu satu posisi satu lagi akan diperebutkan oleh Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Mengingat Mac Allister tampil stabil pada musim 2023/2024, ia layak jadi pilihan utama ketimbang Szoboszlai. Pemain asal Hungaria itu memang pemain top tapi ia belum kembali ke performa terbaiknya pasca cedera.

Penyerang

Yang cukup rumit adalah menentukan penyerang tengah. Di sini ada Diogo Jota, Darwin Nunez, dan Cody Gakpo.

Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi berdasarkan performanya dalam urusan mencetak gol, Jota sepertinya masih akan jadi pilihan utama.

Di sayap kiri, sepertinya Arne Slot akan mengandalkan Luis Diaz. Di Feyenoord, ia suka winger yang mampu mengalahkan lawan dalam duel satu lawan satu dan Diaz sangat cocok di peran ini.

 

Kiper: Alisson Becker

Bek: Lutsharel Geertruida, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andrew Robertson

Gelandang: Trent Alexander-Arnold, Teun Koopmeiners, Alexis Mac Allister

Penyerang: Mohamed Salah, Diogo Jota, Luis Diaz